setelah lebih dari 3 tahun bersama melalang buana, kali ini saya akan memperkenalkan motor kesayangan ane yaitu honda CG 110, untuk pecinta motor honda classic pastinya sudah tahu mengenai motor ini walaupun tidak se familiar sodaranya Honda CB, makadari itu ini saya akan membagikan pengalaman saya dan penggetahuan saya mengenai honda CG 110 yang sejak awal dapat saya jaga ke orisinalannya sehingga dapat dijadikan refrensi mengenai spesifikasi motor jadul
ini kondisi motor CG 110 terbaru ane
ini Sejarah motor menurut sejarah motor ini dibuat berdampingan dengan sodaranya yaitu honda CB 100 yaitu sekitaran tahun 1976, kalau yang ane pakai ini dibuat tahun 1977, Honda CG 110 dibuat untuk memberikan opsi lain untuk penikmat honda pada waktu itu yaitu dengan kapasitas yang sama dengan honda CB 100 yaitu dengan isi silinder 105 mm2 namun dengan sistem dan spesifikasi mesin yang sedikit berbeda, " nanti saya ulas di bawah". Penampilan motor ini juga terlihat lebih panjang dari sodaranya Honda CB, karena tangki bensin nya dibuat memang lebih panjang. Motor ini berhenti dibuat pabrik sekitar tahun 1983 namun datang versi baru penyegaran yaitu Honda CG 125, Honda CG 110 cukup banyak diproduksi Honda namun memang tidak se banyak honda CB 100, makanya orang orang awam akan memandang motor ini adalah motor CB karena secara penampilan ,rangka dan mesin hampir sama,
masyarakat umum mengetahui motor honda laki klassik ya hanya honda CB walaupun secara detail mudah untuk dibedakan. mesin secara kontruksi mesin hampir sama dengan CB bedanya di silinder sampai silinder kop berbeda untu menunjang sistem OHV Ada 2 perbedaan yang mencolok dari honda CG 110 dan Honda CB 100 yaitu pada transmisi dan sistem buka tutup katup (klep).
berikut spesifikasi mesin CG 110
1. Transmisi Honda CG yaitu 4 percepatan namun tidak seperti motor laki pada umumnya , lebih mirip motor bebek yaitu untuk gigi 1-4 dapat dipindahkan dengan maju terus, sehingga para orang orang yang hidup dijaman motor ini berjaya CG 110 dikenal dengan CB banci, karena transmisi yang seperti motor bebek. Kelebihan : tidak seperti motor laki kekurangan : seperti motor bebek kelebihan
.
2. Honda Cg 110 menggunakan sistem OHV (Over Head Valve) camshaft nya ada dibawah silinder
dan untuk menggerakkan templar menggunakan batang penggungkit ( pushroot). Intinya motor ini tidak menggunakan rantai Kamprat namun menggunakan batang Pushroot. Kelebihan : katanya menghasilkan tenaga yang lebih besar, seperti halnya mobil mobil diesel menggunakan sistem OHV, mudah distel (untuk kalangan tertentu) , dan tentunya batang ini lebih awet dibandingkan dengan rantai Kekurangan: bersuara brisik jika yang nyetel ini pushroot tidak handal. kebanyakan honda CG suaranya brisik karena kebanyakan bengkel motor kurang berpengalaman sistem OHV.
.
3. Bandul, flywheel( roda gendeng) Honda CG itu lebih berbobot dibandingkan saudara saudaranya , karena untuk mendukung sistem OHV dibutuhkan simpanan tenaga yang lebih besar. Untuk sistem yang lain kurang lebih sama seperti saudara honda nya.
setelah 3 tahun saya pakai untuk masalah masalah yang biasa muncul sama halnya dengan motor-motor tua pada umumnya,, oli rembes bearing nya kocak, ya seperti itu lah suka duka motor tua,,, sama ini pushroot juga kalau habis di pakai perjalanan panjang lebih dari 5 jam tampa henti biasanya penyakitnya kambuh" mulai brisik lagi ini batang pushroot",
jadi untuk pengguna honda CG akan sering sering nyetel klep biar ngak brisikkkk. kalau mau tahu rahasianya biar ngak brisikk komen dibawah...
ini CG ane ketika baru datang
1. pokoe jangan sampai oli rembes... sekali ada yang rembes segera perbaiki, sistem pelumas sangat penting broo bagi mesin jangan sampai mesin kekurangan pelumas, cek rutin dan pergantian rutin,
.
2.resapi motor kamu, perhatikan getaran-getarannya, motor tua ibaratkan cewek broo dia biasanya ngode-ngode ngak jelas,,. jika ada suara atau getaran-getaran liar segera perbaiki sebelum rembet kemana-mana,,, Kondisi bahan Ane dapat 2,5 Jt
3. banyak banyak bergaul untuk refrensi motor , dan ikut komonitas biar ada kebanggaan tersendiri punya motor tua biar ngak buru-buru dijual, karena penggalaman banyak yang nawar motor ane broo bahkan pernah dengan harga tinggi , tapi insyaallah saya untuk saya rawat sendiri sampai tua ( cita-cita ya boleh lahhhhhh).... .
setelah perbaiki mesin cat dikerok langsung buat TEs drive dataran tinggi dieng .
untuk harga beli motor cg bahan tentunya lebih murah dari saudaranya honda CB ... dulu saya beli di daerah Semarang dengan harga 2,5 Jt kondisi surat lengkap pajak hidup dan kondisi mesin masih butuh perbaikan Untuk harga jual motor Classic tidak ada batasannya tergantung kondisi dan siapa yang beli, intinya kalau mau jual CG dengan harga tinggi jaga ke orisinal lan motor karena mungkin ada bapak bapak yang mau nawar tinggi.... terimakasih ... sekian ini tulisan saya semoga ada manfaatnya bagi yang baca... ini saya selipkan foto foto tentang Honda CG ane...
yaitulah motor cb ane yang sudah menemani ane kuliah sampai sekarang kerja
14 komentar:
Mas mesin cg saya kok dibagian mesinya berisik ya bunyi tiktikk itu apa ya masalahnya mas?
Mohon informasinya😃
Sudah biasa ituSistem push root sudah aus.... Bisa di cek rocker arms nya..... Ganti roker arm!! , .... Punya ku dulu saya akalin di tek pakai las yg bagian yang aus untuk sementara nunggu spare part...
Kenapa ya cg saya .masuk gigi tidak kau mau jalan.mohon jwb
Di Cam gear shaft nya ditambahin per kecil mas, suaranya ga bakal berisik lagi, ��
@Cwa performa gimana kalau di kasih per???
Mas anang@ CG saya kalo di geber nembak nembak..trus mbrebet..busi blom ada sebulan ganti baru begitu lagi..apa businya murah..katanya klepnya bocor..katanya top nya geser. Diagnosanya banyak .
Beli part cg dimana
Bang panjang pushroot cg 110 ama cg 125 sama apa beda
Bang ukuran over size standar cg 110 pabrik berapa mm?
Ukuran oli mesin untuk cg brapa liter kak
Cg sya di Up seher nya udh lmyn knceng kompresi padet...minus msih brisik aja msin nya...
mas cg 110 punyaku kok tenaganya hilang/lemas, dan juga sering rembes oli
di sebelah kiri
Bang motor cg itu baiknya pakai velg 17 apa 18 ya??
honda cg ku jga gtu, kalo ga berisik ya oli rembes bagian kiri, sampe kena bagian seher gara" telat ganti oli, tapi sampe sekarang gapernah di ganti" part mesin nya, yg di ganti oli doang, asal jangan telat apalagi kering, oli nya sya pke federal ultratec 1L
Posting Komentar